Hebat, Wali Kota Mojokerto Terima Anugerah Kebudayaan

Majalahdetektif.com-MOJOKERTO KOTA: Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat 2021. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, dengan disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara daring dari Istana Negara, Selasa (9/2/2021).

 

Walikota yang akrab disapa, Ning Ita ini, merupakan salah satu dari sepuluh Walikota/Bupati se-Indonesia yang menerima penganugerahan atas dedikasinya dalam melestarikan kebudayaan daerah. Sepuluh pimpinan daerah tersebut adalah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Denpasar IB Rai Dharma Wijaya Mantra, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mei dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Banggai Herwin Yatim, Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan tentunya Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

 

Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021, merupakan bagian dari upaya Pers Indonesia dalam memotivasi seluruh Kepala Daerah di tanah air agar peduli dengan kebudayaan. Secara khusus mengapresiasi para Bupati/Walikota yang menonjol dalam upayanya mengembangkan kebudayaan lokalnya dengan melibatkan Media atau Pers. “Khusus tahun ini, ditambah dengan aspek penanganan pandemi secara protokol kesehatan maupun kearifan lokal. Hal ini, sebagai bentuk konkret dalam memajukan kebudayaan nasional yang disebut UNESCO sebagai Negara Super Power Kebudayaan,” kata Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari.

 

Walikota Ning Ita tidak lupa bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh PWI Pusat dalam memberikan dukungan bagi Kepala Daerah melalui ajang Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021. Melalui penghargaan ini, ia berharap kedepannya seluruh masyarakat Kota Mojokerto dapat bersama-sama dalam memajukan sekaligus melestarikan kebudayaan lokal yang dimiliki. Terutama melalui Spirit of Majapahit, dapat membangkitkan kejayaan Majapahit di masa kini.

 

“Penghargaan ini, merupakan suatu kehormatan bagi kami atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Insan Pers. Melalui penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 ini, kami akan terus berbenah dalam mengembangkan kebudayaan-kebudayaan lokal yang dimiliki Kota Mojokerto. Pencapaian ini, tentunya tidak lepas dari dukungan dan sinergitas seluruh masyarakat Mojokerto dalam melestarikan kearifan lokal daerah,” kata Walikota perempuan pertama di Mojokerto ini.

 

Perlu diketahui, aesuai investigasi media ini, dibawah kepemimpinan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Kota Mojokerto terus berkembang. Salah satunya adalah pada seni dan budaya lokal daerah diantaranya melestarikan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit dengan cara membangun berbagai Fasilitas umum dengan spirit Mojopahit antara lain bikin beberapa pasar, Alun-Alun dan Pendopo , Rumah Rakyat ala Mojopahit, Pemandian Sekarsari dengan monumen Tribuana Tungal Dewi, Membangun monumen rekam jejak kehidupan Sang Proklamator Soekarno Kecil dibeberapa Sekolahan, menjadikan Kota Mojokerto memiliki daya tarik tersendiri. Untuk itu, keduanya pun bertekad terus melestarikan kebudayaan masa lampau yang dikemas melalui Wisata Bahari Majapahit dan Galery Soekarno. Dengan harapan, generasi milenial tidak melupakan sejarah kebudayaan. (mar)

Leave a Reply