Pengoptimalan dan Efektivitas Pembangunan Jalan dan Gorong-Gorong Pada Musim Hujan

Majalahdetektif.com : Kepadatan mobilitas yang terjadi dan disertai dengan curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan jalanan yang di lalui secara perlahan banyak yang rusak, dengan rusaknya jalan tersebut kerap terjadi banyaknya kecelakaan. Kemudian, pihak berwenang melakukan perbaikan jalan (penambalan aspal) untuk mengurangi dampak yang terjadi.

 

Walaupun telah dilakukan upaya perbaikan beberapa kali masih saja masalah yang sama timbul kembali apalagi dengan adanya curah hujan yang tinggi seperti pada saat ini. Sehingga, pihak berwenang harus melakukan upaya lain salah satunya dengan melakukan pembetonan jalan.

 

Cara ini memang efektif dalam menanggulangi masalah yang ada, tetapi disisi lain pihak berwenang juga harus memikirkan dampak bagi masyarakat sekitar contohnya ketinggian antara median jalan dengan rumah masyarakat itu tidak setara. Seperti pada saat ini terdapat proses perbaikan jalan yang sedang berlangsung di jalan Tenggulunan Kecamatan Candi.

 

“Perbaikan jalannya udah bener, Cuma kenapa pihak yang berwenang ini tidak memikirkan dampak buruk bagi warga sekitar kayak misal pas musim hujan yang deras, terus banjir kan otomatis aliran airnya jadi mengalir masuk kedalam rumah warga, itu kan berarti jadinya kurang efektif, Kira-kira solusi selanjutnya itu gimana?”. Ujar Yuli salah satu warga setempat.

 

Solusi dari dampak yang didapat oleh warga setempat tersebut, telah diimplementasikan oleh Pemerintah yang bersangkutan dengan memperdalam gorong-gorong sebagai tempat penampungan air hujan, agar tidak akan sampai masuk ke dalam rumah warga, walaupun rumah warga dan jalan tidak setara . Tetapi jika tidak ada upaya pembersihan gorong-gorong secara berkala oleh warga setempat juga akan menjadi sia-sia.

 

Diharapkan untuk Pemerintah yang bersangkutan kedepannya dalam membangun proyek serupa agar tidak hanya fokus dalam pengerjaannya saja, tetapi juga memperdulikan dampak yang timbul dirasakan oleh warga sekitar. Karena bagi warga sekitar dalam hal pengoptimalan perbaikan jalan dan gorong-gorong yang tepat dan efektif menjadi suatu harapan untuk kesejahteraan masyarakat.(Maulidia, Prodi : Administrasi Publik/ B1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

Leave a Reply