Peresmian Desa Tematik Wisata Bahari Tlocor Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

  • SIDOARJO, majalah detektif.com – Wisata Bahari Tlocor adalah salah satu destinasi wisata air yang sudah mendapatkan perhatian dari beberapa pihak, salah satunya adalah Kamladu atau kegiatan keamanan laut terpandu (18/8/2022), dan juga 2 kapal ketinting hibah untuk nelayan dari PPNS / Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya,(20/8/2022), yang diperuntukkan untuk nelayan pesisir.

 

PLN (Perusahaan Listrik Negara), juga berkontribusi menjadikan Desa Tematik Wisata Bahari Tlocor Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

 

Tujuan kontribusi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama, untuk pemberdayaan masyarakat terkait pengguna energi listrik yang lebih bersih, green energi dan juga memperkenalkan lifestyle – lifestyle yang sudah berkembang di era sekarang.

 

Peresmian Desa Tematik diresmikan oleh Bupati yang diwakili oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo (Kadisporapar), Drs. Djoko Supriyadi, didampingi oleh Sekretaris Komisi DPRD Sidoarjo dari partai PKB, Muh Rojib, Kepala Desa Kedungpandan, Wawan Hermawan, Manager UP3 Sidoarjo, Moh. Eryan Saputra, ST, IPM, Rabu (22/9/2022).

 

Turut hadir serta Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Edo Alviano, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, SekCam Jabon, Kepala Desa beserta jajarannya, Kapolsek, Danramil, Satgas Covid-19, Pokdarwis, BumDes, dan juga warga Kedungpandan Tlocor khususnya.

 

Djoko Supriyadi menambahkan kehadiran PLN ini melengkapi, menyempurnakan sekaligus menambah fasilitas – fasilitas yang ada, dan tidak pernah menduga bahwa area/ kawasan tlocor menjadi destinasi unggulan walaupun kondisinya masih seperti ini,”terangnya.

 

“Karena wisata bahari tlocor ini dipicu oleh adanya Pulau Lusi, dan Pulau Lusi adalah pulau pertama kali yang ada di Indonesia pasca terjadinya Lumpur Lapindo,”imbuhnya.

 

Moh. Eryan menambahkan kita berikan 16 kompor induksi secara gratis kepada pengelolah- pengelolah UMKM, dan juga 1 unit motor listrik kepada pengelolah desa wisata bahari tlocor,”ungkapnya.

 

“Kedepannya kita akan menjajaki agro culture, tambak- tambak yang menggunakan diesel, akan kita dorong nantinya menggunakan kincir- kincir yang menggunakan energi listrik,”papar manager UP3.

 

Sekretaris KomisiĀ  C , DPRD Fraksi PKB menyampaikan secara langsung saat diwawancarai oleh media majalah detektif, bahwa peresmian desa tematik memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PLN atas sumbangsih nya terhadap Tlocor, paling tidak dengan hasilnya tematik bisa menjadikan motivasi kepada masyarakat secara umum,”ungkapnya.

 

Wawan Hermawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak terkait, atas semuanya yang menjadikan wisata bahari tlocor ini menjadi lebih baik, dan harapan kedepan semoga wisata bahari tlocor dalam perekonomian kerakyatan bisa sejahtera, menjadikan wilayah pesisir, bisa lebih mandiri, selalu tetap menjaga kekompakan,”tutupnya.(Lidya)

Leave a Reply