Tobat, Selain Wabah Corona, 21 Gunung Merapi Ancam Indonesia

Majalahdetektif.com : Belum reda wabah covid-19 meledak di Indonesia, Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah gunung berapi di Indonesia juga mengalami peningkatan aktivitas, ada yang mulai meletus seperti Gunung Merapi, Semeru, Raung, Gunung Sinabung, dan Anak Krakatau.

 

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) Kasbani mengatakan, saat ini ada 21 gunung berapi di Indonesia yang berstatus di atas normal.

 

“Saat ini ada 21 gunung di atas normal, dan sebagian mulai ada yang meletus Gunung Semeru, Gunung Raung di Jatim dan Gunung Merapi setiap saat bisa meletus, bahkan seperri Gununga Anak Krakatau setiap hari ada yang terus meletus untungnya Gunungnya ada didasar laut” ungkapnya, Sabtu (23/1/2021).

 

Kasbani juga mengungkapkan bahwa 21 Gunung tersebut sewaktu-waktu bisa meletus dan berbahaya bagi masyarakat sekitar gunung tersebut, namun dia berharap masyarakat luas tidak perlu panik namun tetap hati-hati dan waspada seperti menghadapi wabah covid-19 yang masih terus menerus mengancam warga Indonesia

 

“Keduapuluh satu gunung tersebut berstatus diatas normal jadi sewaktu-waktu bisa meletus dan membahayakan penduduk sekitar gunung, namun harapan saya warga sekitar tidak perlu panik cukup hati-hati dan waspada seperti menghadapi wabah covid-19” ungkapnya.

 

Seperti diketahui, status gunung berapi di Indonesia ada empat level, yaitu normal, waspada, siaga dan awas, jika dalam keadaan diatas normal sewaktu bisa meletus dan membahayakan warga Indonesia.(achmadmardianto)

Leave a Reply